Lucu juga kalau nginget-inget proses terbentuknya Suddenly Community yang sekarang justru populer dengan istilah Komdak, yang tak lain adalah singkatan dari Komunitas Dadakan. bagaimana sih sebenarnya kok bisa dapet nama cantik tersebut ?? , coba simak cerita dibawah ini🙂

Berawal dari kegalauan

Dulu, awal tahun 2010 salah satu pendiri Komdak yaitu Mantos memutuskan untuk pindah kerja dari Bekasi ke Jakarta karena alasan satu dan lain hal. Beberapa bulan tinggal di Jakarta dia merasa kesepian karena tidak punya sparing partner buat jalan2 dan berpetualang seperti waktu masih di Bekasi. Beberapa bulan larut dalam kegalauan dan sakau akan petualangan, akhirnya dia berniat untuk melakukan perjalanan sendiri ke Gunung Krakatau yang berada di selat Sunda. Disaat yang bersamaan dan tidak disengaja, Nanette seorang wanita petualang asli Jakarte tapi bermata sipit datang ke dunia maya melalui facebook chat. Nanette, pertama kali kenal Mantos ketika mendaki Semeru di tahun 2007, dan mereka pun hanya sekedar kenal salam saja, bukan teman akrab maupun teman dekat. Dari dunia maya itulah Mantos menceritakan rencana perjalanan gilanya untuk solo traveling ke Krakatau, mungkin karena kasihan atau apa akhirnya Nanette tertarik untuk ikut dan mengajak teman2nya di jakarta.

Dari 1 menjadi 20

Bagaikan semut yang memanggil teman2nya, si Nanette berhasil mengumpulkan bala kurawanya dalam waktu sekejab kilat (lebayy . . ). Sampai H-1 minggu sudah terkumpul sekitar 21 orang yang berminat untuk ikut, walaupun pada akhirnya hanya  14 orang yang benar2 jadi ikutan. Dan anehnya, dari bala kurawa yang dikumpulkan Nanette itu pun tidak semuanya saling kenal, terlebih Mantos yang sama sekali tidak mengenal mereka, bahkan sama si Nanette pun mungkin agak lupa juga🙂 (parah!!). Dari situlah awal perjalanan KomDak dimulai, menjelajah indahnya alam Krakatau.

Pasca Krakatau

Sepulang dari Krakatau, kita mulai memikirkan untuk trip selanjutnya bersama-sama lagi. Nah, dari situlah pemikiran pembentukan komunitas dimulai. Ide muncul dari seorang Mantos yang memang selalu kreatif dengan ide2 gila yang tidak masuk akal sekalipun (lebayy), sampai pada akhirnya nemu nama Komunitas Dadakan dalam benaknya. Kenapa terbersit ide itu tidak lain karena terwujudnya trip rame-rame ini diawali dari ketidaksengajaan atau secara tiba-tiba, diawali dengan ketidaksengajaan antara Mantos dan Nanette. Dan tiba-tiba pula kami seperti menemukan teman yang cocok untuk jalan bareng lagi untuk trip berikutnya. Karena keterbatasan kemampuan bahasa inggris yang dimiliki Mantos, dia terjemahkan nama Komunitas Dadakan itu menjadi Suddenly Community dengan maksud supaya namanya agak keren gitu (sok british). Begitu Mantos bikin mailing list (Milist) dengan nama Suddenly-Community, spontan si Dewi yang setengah bule (lama hidup di kanada) ketawa terbahak-bahak melihat nama tersebut, selanjutnya tanya ke Mantos arti nama itu apa ??? (Dengan polosnya Mantos menjawab, artinya komunitas dadakan . .  . Dewi pun ngakak guling2 gak karuan di depan mantos yang pasang muka bego hahahaha )

Eksistensi Komdak

Setelah terbentuknya milist Suddenly-Community, komunikasi antar anggota pun lebih mudah dan lancar, terutama untuk merencanakan perjalanan. Nah, lama2 nama Komdak dihubung2kan dengan salah satu lokasi di Jakarta, yaitu halte Komdak yang berada di depan Polda Metro Jaya. Kebetulan lagi kita sering ketemuan di Plasa Semanggi, dimana pas di seberang halte Komdak, jadi lengkap sudah kebtulan kebetulan yang tidak disengaja itu. Pada akhirnya Komdakers (sebutan anggota Komdak) menjadikan Komdak (Plasa Semanggi) sebagai point of meeting mereka

Jadi begitu teman2 . . . . asyik kan sejarahnya :))

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: